Jumat, 12 September 2008

baGaiMana pRodusen miNumaN rinGan beRkaRbonaSi beRhasiL menGisi boToL tanPa meNyebabKan caiRannya meLubeR ??

tidak semua cara pembotolan sama persis , tetapi skenario yang berikut ini lazim dipergunakan .

botol-botol kosong diangkat dengan menggunakan sebuah bidang yang naik ke atas menuju alat pengisi . tinggi pengisian itu sudah disetel dengan menyesuaikan selang-selang angin di alat pengisi . Margie Spurlock , manajer consumer affairs untuk Royal Crown Cola , menjelaskan :

ada lubang-lubang kecil pada sisi selang-selang pengisian udara ini yang tertutup kecuali pada ketinggian pengisian yang dikehendaki . minuman menggantikan udara dalam botol ketika dilepaskan melalui lubang yang terbuka di selang udara . ketika minuman itu menutup lubang di selang angin tadi , tekanannya menjadi sama dan tak ada lagi cairan yang dimasukkan ke dalam botol .

Steve Del Priore , plant manager di Pepsi-Cola di Brooklyn , New York , mengatakan bahwa tak ada tekanan apa pun yang terbentuk pada cairan itu . karbondioksida dimasukkan sewaktu cairan itu masuk ke dalam botol sehingga tekanannya sama . ketika bidang pengisian itu naik , sebuah karet penutup diletakkan sehingga kemungkinan tumpah pun hilang .

Del Priore menambahkan bahwa tutup-tutup botol , yang dalam istilah perdagangan bersoda disebut "closure" , tidak beralur setelah tutup tersebut dipasang; sisi tutup botol itu rata dan lurus . tetapi , lempengan alumunium itu kemudian diregangkan ke bawah dengan tekanan sebesar 250 kilogram dan roda-roda kecil membentuk tutup botol untuk menjamin agar botol tertutup rapat .


Tidak ada komentar: